6 Tips Jitu Untuk Belanja di Luar Negeri

Berwisata ke luar negeri memang paling enak jika sambil berbelanja. Selain untuk oleh-oleh, terkadang juga kita bisa menjumpai barang yang tidak dijual di negeri sendiri. Namun sebelum belanja, simak dulu 6 tips jitu ini.



Belanja dengan cerdas, itulah intinya ketika kita berwisata belanja di luar negeri. Ada sejumlah kiat yang perlu dilakukan agak kita bisa mendapatkan barang yang kita inginkan dengan cara terbaik. Inilah 6 tips belanja di Luar Negeri.








1. Siapkan mata uang lokal
Beberapa negara, misalnya Kmboja dan Vietnam menerima dollar Amerika untuk bertransaksi. Namun lebih baik lagi jika kita berbelanja dengan uang lokal. Sebelum mulai berbelanja, tukarkanlah uang dollar yang dibawa dengan mata uang setempat, misalnya Baht di Thailand.


Penukaran ini akan memudahkan Anda untuk berbelanja di pasar setempat. Tidak disarankan untuk menukar rupiah di luar negeri kecuali terpaksa, ini lantaran nilai tukar rupiah biasanya sengaja diperlakukan lebih rendah di luar ketentuan nilai tukar yang seharusnya.

Jangan lupa untuk mengecek nilai kurs mata uang terlebih dahulu sebelum pergi ke money changer. Cari money changer dengan rate terbaik agar nilai tukarnya maksimal.





2. Jangan mudah tergoda

Tips untuk Anda berikutnya yaitu jangan mudah tergoda dengan harga yang dipajang oleh para pedagang. Anda harus survei, kalau perlu keliling satu pasar terlebih dahulu untuk mencari pedagang yang paling murah. Bisa jadi di sudut lain pasar, ada yang lebih murah lagi.


Cara ini terbukti paling disukai oleh para wanita. Demi satu item barang saja, para wanita bisa berkeliling satu pasar sendiri untuk mencari pedagang yang memasang harga paling murah. Bila sudah begini, para pria wajib bersabar ya!





3. Menawar dengan maksimal

Tips selanjutnya adalah jangan lupa untuk menawar! Siapkan skill tawar-menawar terbaik Anda dan rayulah pedagang agar memberikan harga yang lebih murah. Skill persuasif sangat diperlukan dalam kegiatan ini.


Prinsipnya gampang. Pedagang biasanya menjual barang dengan harga maksimal 3 kali lipat dari modalnya. Sehingga ketika menawar lebih dari 50 persen, mereka sebenarnya masih untung.

Cobalah bertahan di 50 persen dari harga penawaran awal, kalau sulit naikan harganya pelan-pelan. Kalau nanti mentok, coba tinggalkan mereka, siapa tahu para pedagang itu mengalah.




4. Pakai kalkulator

Tips berikutnya yaitu jangan lupa untuk memakai kalkulator! Selain fungsi utamanya sebagai alat penghitung total pembelanjaan, kalkulator akan sangat berguna apabila Anda tidak menguasai bahasa setempat. Daripada menggunakan bahasa tarzan, lebih baik gunakan kalkulator saja.


Biasanya para pedagang memiliki kalkulator, pinjam saja. Atau, gunakan kalkulator di ponsel Anda. Tinggal ketikkan angka di kalkulator, lalu sodorkan ke pedagang, pedagang pun akan mengerti.

Proses tawar-menawar pun bisa dilakukan melalui kalkulator. Jika cocok, maka Anda bisa membawa pulang barang yang diinginkan.




5. Tax refund


Tips terakhir yang penting juga untuk disimak yaitu apabila berbelanja di mal luar negeri, jangan lupa untuk meminta kuitansi tax refund. Agar nilai barang yang dibeli bebas dari pajak yang dibebankan kepada Anda.


Kuitansi tax refund ini bisa direimburse di loket khusus yang ada di bandara. Petugas akan mengembalikan uang PPN yang dibayar saat berbelanja di mal, karena Anda bukan warga negara setempat.

Cara lainnya adalah, Anda juga bisa menunjukkan paspor kepada penjual di mal. Dengan demikian, Anda diberikan harga tanpa pajak. Ini lebih praktis daripada harus reimburse tax refund di bandara.

Praktik seperti ini sangat umum ketika kita berbelanja di pusat perbelanjaan ternama di Jepang, misalnya aneka toko jam, gadget dan kamera di Akihabara, Tokyo.















Sumber : http://travel.detik.com/read/2015/01/22/154735/2811011/1048/6-tips-jitu-untuk-belanja-di-luar-negeri?

Comments