BAB 17 STEWARDESS & STEWARD: SERVIS TINGKAT DEWA

“To give real service you must add something which cannot be bought or measured with money, and that is sincerity and integrity.” ~ Douglas Adams

Tugas para stewardess dan steward ini ternyata bukan sekadar urusan pelayanan penuh keramahtamahan. Mereka ini sudah terlatih untuk tetap bersikap tenang meskipun pesawat mengalami keadaan darurat sekalipun. Mereka harus mampu memberikan rasa aman dan ketenangan di tengah-tengah penumpang. Lalu, apakah mereka tidak merasa takut ketika terjadi kondisi darurat? Sebagai manusia biasa tentu saja mereka punya rasa takut juga. Hanya saja bisa dibayangkan, kalau terjadi kondisi darurat para pramugari dan pramugara ini ikut panik, apa yang akan terjadi selanjutnya? Contohnya, situasi dalam keadaan darurat dan mereka harus melakukan evakuasi dalam waktu 90 detik. Jika mereka sendiri panik, pastilah para penumpang akan lebih panik lagi, dan situasi akan sangat semerawut. Jika sampai terjadi kondisi seperti itu, akibatnya akan lebih fatal lagi bagi keselamatan semua orang.

Nah, apa yang dapat kita ambil pelajarannya dari keterampilan seorang stewardess atau steward di kehidupan sehari-hari kita? Ya, apabila kita ini seorang pengusaha, maka memberi pelayanan terbaik kepada pelanggan adalah sesuatu hal yang amat sangat penting. Sebab, mati hidupnya usaha dan bisnis kita sangat tergantung pada seberapa baik pelayanan yang kita berikan kepada pelanggan. Sedikit saja ada cacat pada layanan, contohnya di bisnis penerbangan juga, maka efek kontra produktifnya terhadap bisnis bisa berkepanjangan. Pelanggan yang tidak puas akan menjadi juru kampanye negatif bagi bisnis kita. Hal 120-121



Comments