3 Tips Mengatasi Claustrophobia saat Naik Pesawat Terbang


Membumbung setinggi 30.000 kaki dari atas tanah bisa menjadi pengalaman yang tidak nyaman bagi sebagian orang.
Perjalanan menggunakan pesawat terbang akan lebih membuat cemas bagi orang-orang yang menderita claustrophobia.
Claustrophobia mempengaruhi jutaan orang dan dapat dipicu atau diperburuk oleh ruangan sempit dan sesak yang ditemukan pada pesawat jet komersial.
Berikut adalah beberapa tips sederhana yang bisa diterapkan oleh penderita claustrophobia saat bepergian dengan pesawat.
1. Posisi tempat duduk.
Penderita claustrophobia sebaiknya memilih tempat duduk di dekat lorong. Posisi duduk di dekat jendela atau di tengah-tengah hanya akan memperburuk perasaan terjepit di ruang sempit.
Tempat duduk di dekat lorong setidaknya akan mengurangi perasaan sempit sehingga diharapkan mampu menurunkan tingkat kecemasan.
Posisi di dekat lorong juga akan memberikan ketenangan pikiran. Penumpang dengan claustrophobia bisa selalu mudah untuk berdiri atau berjalan di sepanjang kabin jika diperlukan.
2. Alihkan fokus dari penerbangan.
Alihkan fokus dari penerbangan. Peralatan pengalih perhatian yang bisa dicoba diantaranya adalah MP3 player, DVD player portabel, laptop atau perangkat lain yang bisa mengalihkan perhatian dari suasana penerbangan.
3. Latihan pernapasan.
Lakukan latihan pernapasan dalam dan tenangkan pikiran. Gunakan alat bantu seperti musik lembut agar pikiran lebih cepat tenang.

Sumber : http://www.amazine.co/11571/3-tips-mengatasi-claustrophobia-saat-naik-pesawat-terbang/

Comments