Ada Makna di Balik Kode Tiket Penerbangan Anda




Setipa berpergian dengan pesawat terbang, tentu Anda akan mendapatkan kode penerbangan. Tahukah Anda arti di balik kode penerbangan tersebut?



Ada makna tersirat di balik sebuah kode, termasuk kode penerbangan. Anda tentu merasa penasaran setiap kali akan terbang menggunakan pesawat, dalam tiket selalu tercantum kode penerbangan. Seorang pilot maskapai penerbangan yang juga penulis buku Cockpit Confidential dan situs askthepilot, Patrick Smith, akan membongkar makna di balik kode tersebut.

Secara teknis, kode penerbangan akan terdiri dari kombinasi angka dan huruf. Kedua huruf yang diletakkan di awal kode sesungguhnya adalah kode kelompok industri penerbangan internasional yang telah ditetapkan IATA (International Air Transport Association).
Setelah makna kode di balik dua huruf terungkap, maka angka yang mengikuti di belakang huruf tersebut dapat ditentukan sendiri oleh maskapai penerbangan. Biasanya pihak maskapai akan mengatur sesuai dengan pentingnya rute yang akan dibawa oleh pesawat dengan kode tersebut.

“Maskapai biasanya akan memberikan angka yang lebih rendah untuk rute penerbangan yang lebih bergengsi atau rute jarak jauh yang mereka miliki. Angka genap biasanya untuk penerbangan dengan rute ke arah Timur dan angka ganjil untuk rute ke arah Barat,” kata Smith, seperti dilansirDailyTelegraph, Jumat (26/7/2013)

Sebagai contoh, kode penerbangan Qantas. Mereka menggunakan angka 1-399 untuk rute penerbangan internasionalnya. Sementara untuk layanan rute domestik, Qantas menggunakan angka mulai dari 400.

Lain lagi dengan maskapai penerbangan yang berada di sekitar wilayah pasifik. Biasanya mereka menggunakan tiga digit yang diawali dengan angka “8”. Hal ini berdasarkan kepercayaan sebagian orang Asia yang menganggap angka “8” pembawa keberuntungan, termasuk Qantas yang menggunakan angka “8” untuk kode penerbangan menuju Hong Kong.
Tak hanya mempercayai angka keberuntungan, beberapa maskapai juga menghindari angka-angka yang dianggap keramat atau membawa sial. Mereka biasanya akan menghindari kode 13 dan 666, seperti Qantas yang tidak memiliki kode penerbangan QF13 dan QF666.

Kode-kode tersebut akan bertahan seumur hidup atau terpaksa ditinggalkan karena suatu hal. Misalnya saja, American Airlines tidak lagi menggunakan kode penerbangan dengan angka “11” setelah digunakan terakhir kali pada pemberangkatan Boeing 707 yang kemudian dibajak pada 11 September 2011 untuk menabrak World Trade Center. 






Sumber : http://lifestyle.okezone.com/read/2013/07/26/407/843062/ada-makna-di-balik-kode-tiket-penerbangan-anda

Comments