Tips Meregangkan Badan Saat di Perjalanan


Bagi yang sering atau pernah melakukan perjalanan jauh seperti mudik atau traveling pasti pernah terjebak dalam situasi badan tidak nyaman karena duduk terlalu lama.  Rasa tidak nyaman ini bisa membuat perjalanan nggak asyik karena badan pegal.
Situasi tidak nyaman itu disebut sebagai DVT (Deep Vein Thrombosis) atauEconomy Class Syndrome. Gejala ini terjadi saat kamu duduk dalam janga waktu yang lama sehingga mengalami pembekuan darah (Majalah Garuda, September 2013).
Nah, cara mengatasi DVT ini  bisa dengan minum air secara cukup dan melakukan peregangan badan. Peregangan badan sederhana dapat membantu melancarkan peredaran darah sehingga tubuh kembali dalam kondisi nyaman.

Tips Peregangan Badan


  1. Angkat jari-jari kaki kamu, tahan. Regangkan hingga menyentuh lantai lagi. Angkat tumit lalu turunkan kembali.
  2. Angkat telapak kaki kamu, buat gerakan memutar atau melingkar dengan jari kaki selama 15 detik. Ulangi dengan arah putaran sebaliknya.
  3. Angkat betis, tekuk lutut dan kencangkan otot paha, turunkan. Lakukan 20 kali untuk masing-masing sisi.
  4. Angkat lutut dan dekatkan dengan dada, lakukan selama 10 detik


  1. Tahap selanjutnya peregangan untuk tubuh bagian atas. Miringkan kepala ke arah bahu dan secara perlahan memutar leher ke depan dan kebelakang. Lakukan perlahan dan ulang untuk arah yang berlawanan.
  2. Bungkukkan bahu kamu ke depan, atas, belakang lalu kembali ke posisi semula. Lakukan perlahan. Buat gerakan memutar bahu ke depan dan kebelakang, lakukan perlahan.3.
  3. Genggam tangan, arahkan ke depan, dorong hingga maksimal. Lakukan hal yang sama untuk arah atas.



Sumber : http://jelajah.valadoo.com/activities/catatan-jelajah/tips-meregangkan-badan-saat-di-perjalanan

Comments

Popular Posts