8 Fakta Mengejutkan Tentang Penerbangan Pesawat

1. 11 Menit yang mencekam

Tahukah Anda, 11 menit setelah pesawat lepas landas adalah waktu yang mencekam. Sebab, 80 persen kecelakaan pesawat terjadi setelah terbang selama 11 menit.

Untuk itu, ada baiknya Anda tetap waspada selama 11 menit tersebut. Perhatikan instruksi yang diberikan awak kabing dengan benar. Jangan lupa, untuk mempelajari buku petunjuk kemanan.




2. Terbang bersama bayi lebih berbahaya

Terbang bersama buah hati memang menyenangkan, namun rupanya hal tersebut bisa menjadi bumerang. Menurut Federal Aviation Administration (FAA), sebenarnya tak masalah jika Anda membeli satu kursi dalam pesawat untuk tempat duduk bayi Anda.

Masalahnya adalah ketika Anda memangku sang buah hati. Hal tersebut dapat membahayakan bayi Anda sendiri, sebab Anda tak bakal memegangnya dengan baik ketika tiba-tiba terjadi turbulensi dan dia bisa terjatuh.




3. Turbulensi

Turbulensi adalah gerakan tidak beraturan atau berputar akibat perbedaan tekanan udara atau perbedaan temperatur udara. Turbulensi memang lumrah terjadi dalam penerbangan pesawat.

Masalahnya, para ilmuwan mengatakan abad sekarang ini tingkat karbon dioksida di udara semakin parah. Hal tersebut dapat menyebabkan pesawat sering mengalami turbulensi yang hebat karena perubahan tekanan udara.




4. Pesawat jadi sarang penyakit

Pesawat dari berbagai maskapai di dunia punya jadwal ketat untuk terbang. Menurut investigasi Wall Street Journal, kebanyakan selimut di pesawat hanya dicuci selama 5 kali dalam 30 hari.

Pesawat pun bisa berubah menjadi sarang penyakit. Virus influenza dapat berkembang biak dan menular dengan cepat di sana. Berhati-hatilah terhadap selimut, meja makan di depan Anda, hingga pegangan tangan.




5. Pilot sering ketiduran

Sebuah survei penerbangan di Inggris, Norwegia, dan Swedia ini bakal membuat Anda terkejut. Ternyata hampir 54 persen pilot tertidur di dalam pesawat.

Parahnya lagi, sepertiga dari mereka juga mengaku setelah terbangun justru melihat kopilot yang tertidur. Waduh!




6. Pesawat menghemat bahan bakar

Tindakan pemotongan biaya bahan bakar pesawat menjadi sorotan dunia akhir-akhir ini. Beberapa maskapai di dunia dilaporkan memangkas biaya bahan bakar demi neraca keuangan mereka. Bahkan, ada juga yang memakai cara pintas.

Kasusnya adalah pada maskapai Ryanair. Maskapai asal Inggris ini menyuruh pilotnya untuk menerbangkan pesawat lebih lambat agar menghemat bahan bakarnya.



7. 90 Detik waktu untuk keluar dari pesawat

Federal Aviation Administration (FAA) mengungkapkan, waktu keluar dari pesawat yang terjatuh adalah hanya 90 detik. Sebab, api di dalam pesawat bisa menyebar dengan sangat cepat!

Untuk itu, Anda harus mengetahui letak di mana pintu darurat. Pakailah pakaian dan alas kaki yang nyaman, untuk membuat Anda mudah bergerak keluar dari pesawat.




8. Duduk jauh dari pintu darurat, bahaya!

Ada baiknya Anda memesan bangku pesawat yang berjarak tidak jauh dari pintu darurat. Sebuah analisis stastistik kecelakaan pesawat menyebutkan, penumpang yang duduk berada lima baris dekat dengan pintu keluar berhasil selamat dari evakuasi pesawat yang terjatuh dan terbakar.

Bagaimana jika Anda duduk di paling belakang atau paling depan? Ingat-ingatlah berapa jarak baris kursi Anda menuju pintu darurat. Lihatlah garis pada lantai yang menunjukan pintu darurat ketika kabin sudah dipenuhi asap.


Sumber : http://travel.detik.com/read/2013/09/18/162956/2362432/1382/9/8-fakta-mengejutkan-tentang-penerbangan-pesawat#menu_stop



Comments

Popular Posts