Cara Menghemat Pulsa Saat Traveling ke Luar Negeri


Saat ini, hampir semua orang tidak bisa berpisah dengan smartphone-nya. Teknologi smartphone yang kian canggih pun sedikit banyak telah mengubah cara kita traveling. Selain menggunakannya sebagai kamera untuk mengabadikan momen berharga, smartphone juga kerap digunakan untuk melakukan reservasi hotel atau tiket pesawat, serta memanfaatkan berbagai aplikasi traveling lainnya.
Tapi, menggunakan smartphone tentunya kamu membutuhkan data plan yang biasanya membuat pulsa kamu terkuras habis.
berikut tips gimana caranya menghemat pulsa sekaligus mengoptimalkan penggunaan smartphone kamu saat di luar negeri. Semoga bermanfaat ya, travelers!
1. Gunakan SIM Card internasional
Kamu tidak perlu mengaktifkan plan internasional SIM card lokal kamu. Lebih baik, beli saja SIM card di negara-negara yang kamu datangi untuk menghindari biaya roaming yang tinggi. Membeli SIM card setempat juga memungkinkan kamu menikmati paket data yang pastinya lebih efisien.
2. Gunakan Wi-Fi sesering mungkin
Meskipun kamu sudah memanfaatkan data plan dari SIM card lokal negara yang kamu kunjungi, tapi usahakan agar sebisa mungkin kamu menggunakan Wi-Fi yang bisa diakses bebas. Daripada kamu harus terus membeli pulsa, lebih baik uangnya kamu gunakan untuk membeli makan atau oleh-oleh bukan?
3. Unduh map offline
Kamu bisa mengunduh aplikasi map offline agar kamu bebas mengeceknya tanpa harus khawatir kehabisan data plan.
4. Matikan setting data roaming atau gunakan mode Airplane saat kamu tidak bisa mengakses Wi-Fi
Kecuali kamu benar-benar membutuhkan data untuk mencari informasi tentang aktivitas kamu hari itu, lebih baik matikan setting data roaming atau memasang mode Airplane untuk smartphone kamu. Cara ini, selain memastikan kamu tidak menggunakan data plan lebih dari yang kamu miliki, juga bisa membuat kamu menghemat baterai ponsel.
5. Gunakan aplikasi berbasis Wi-Fi untuk mengirim SMS ataupun menelepon internasional
Kalau kamu harus melakukan perjalanan cukup lama di luar negeri, tentunya sulit menahan rasa kangen terhadap keluarga, teman dan orang-orang tercinta. Tapi, jangan sampai pulsa kamu terkurasi habis untuk mengirim SMS atau melakukan telepon internasional, travelers. Alih-alih, gunakan aplikasi seperti Google Voice, WhatsApp, Skype atau Facebook Messenger.
6. Simpan itinerary perjalanan kamu di note atau gunakan screenshot
Cara ini memungkinkan kamu untuk melihat informasi pemesanan hotel, tiket pesawat dan lainnya tanpa harus menggunakan data ketika mengecek email. Sekilas tampaknya sepele ya, travelers. Tapi, kalau negara yang kamu kunjungi termasuk ‘pelit’ dengan akses Wi-Fi gratis, trik ini bisa sangat membantu perjalanan kamu.
7. Unduh semua aplikasi yang kamu butuhkan sebelum berangkat
Daripada kesusahan mencari akses Wi-Fi saat sudah tiba di negara tujuan, lebih baik kamu download terlebih dulu semua aplikasi travel yang dibutuhkan sebelum berangkat. Beberapa aplikasi penting yang berguna untuk perjalanan kamu antara lain, Google Translate, Evernote, aplikasi peta lokal dan TripIt.

Sumber : http://www.pegipegi.com/travel/cara-menghemat-pulsa-saat-traveling-ke-luar-negeri/

Comments

Popular Posts